Dibalik Gelar Juara Barcelona, Ada Deportivo Yang Terdegradasi

Barcelona Juara, Deportivo Terdegradasi

La Liga pekan lalu berhasil memberikan kebahagiaan bagi Barcelona. Tim asuhan Ernesto Valverde tersebut berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Deportivo La Coruna. Titel juara tersebut berhasil dikunci meski dua tim rival Blaugrana, yaitu Atletico Madrid dan juga Real Madrid meraih kemenangan.

Pertandingan La Liga kembali berlanjut dengan sebuah pertarungan seru antara Barcelona dan Deportivo La Coruna di Riazor, Senin (30/4/2018). Laga yang berkesudahan 4-2 atas kemenangan Barcelona tersebut sekaligus mengantarkan Blaugrana menjadi juara La Liga musim 2017/2018. Lionel Messi juga berhasil mencetak Hattrick dalam laga krusial tersebut. Setelah berada dalam posisi imbang 2-2, Messi mencetak 2 gol lagi untuk dapat membawa Barcelona unggul.

Kemenangan tersebut berhasil membuat Barcelona sulit untuk dikejar oleh 2 kompetitornya Atletico Madrid dan Real Madrid. Blugrana kini sudah mengoleksi 86 poin dari seluruh laga yang sudah dilakoni sejauh ini. Tentunya hasil ini tidak dapat dikejar oleh Los Colchoneros yang hanya dapat mengumpulkan total 84 poin andai seluruh laga sisa disapu dengan kemenangan.

Sementara bagi Deportivo La Coruna, kekalahan atas Barcelona tersebut membuatnya harus rela terdegradasi dari La Liga. Deportivo berada di posisi ke-18 dengan raihan 28 poin saja. Tentunya raihan tersebut membuat langkah dari tim berjuluk Branquiazuis terhenti. Dengan demikian sudah ada tim yang terdegradasi setelah sebelumnya ada Las Palmas dan juga Malaga.

Sebagai rival Barcelona, Atletico Madrid yang berada di posisi kedua juga sudah melakoni laga beberapa hari sebelumnya. Bertandang ke Markas Alaves, Los ColchonerosĀ  berhasil meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0. Hasil tersebut juga berhasil mengokohkan posisi tim asuhan Diego Simeones sebagai runner-up hingga akhir musim ini.

Tentu dengan hadirnya trofi La Liga tersebut, Barcelona berhasil meraih gelar ganda setelah sebelumnya berhasil memenangkan Copa Del Rey. Tentu sudah menjadi tugas seorang Ernesto Valverde untuk dapat mengamankan gelar tersebut musim depan. Namun hal ini akan cukup sulit mengingat pihak klub baru saja kehilangan sang maestro, Andres Iniesta.