Liverpool Kalah, Van Dijk Disalahkan

Liverpool Kalah, Van Dijk Disalahkan

Setelah berhasil mengalahkan Machester City dalam lanjutan Liga Inggris yang digear di Anfield dengan skor akhir 4-3, Liverpool malah keok dengan tim juru kunci di laga selanjutnya. Liverpool sukses membalas dendamnya dengan berhasil mengalahkan Manchester City 4-3 di Anffield setelah mereka dikalahkan di Etihad Stadium pada pertemuan pertama mereka. Setelah berhasil mengalahkan City, Liverpool harus menderita kekalahan dari tim juru kunci dengan skor tipis 1-0.

Liverpool kalah dari Swansea dalam lanjutan lag Liga Premier Inggris. Pada pertandingan tersebut, Virgil Van Dijk dianggap telah membuat suatu kesalahan besar yang membuat mereka kalah dari Swansea pada laga yang digelar hari Selasa (23/1/2018) dinihari WIB. Memang, Virgil Van Dijk memiliki peran dalam terciptanya gol Swansea ke gawang Liverpool kal itu.

Gol kemenangan Swansea bermula saat Virgil Van Dijk gagal membuang bola dengan baik yang akhirnya malah membuahkan sepak pojok untuk Swansea. Bola yang ia tending malah melayang ke arah sisi belakang gawang Liverpool dan membuat Swansea mendapatkan sepak pojok. Dan dari peka pojok inilah gol kemenangan Swansea datang.

Van Dijk sebenarnya mencoba untuk menghalau bola yang melambung dan mengarah ke muka gawang Liverpool, namun kembali lagi Van Dijk gagal menanduk bola dengan sempurna. Si kulit bundar tidak melayang jauh dan malah jatuh di kaki pemain Swansea yaitu Frederico Fernandez. Kemudian Fernandez mengoper ke Alfie Mawson yang langsung dituntaskan dengan sepakan sempurna kea rah gawang dan membuahkan gol.

Legenda Liverpool pun angkat bicara mengenai kekalahan Liverpool tersebut, Jamie Carragher berpendapat bahwa Van Dijk menjadi sosok yang bersalah karena ia tidak bisa menghalau bola dengan sempurna. “Itu adalah sebuah hal yangburuk dari Van Dijk. seharusnya pada situasi tersebut ia tidak perlu melakukan hal tersebut. menurut saya itu bukanlah tandukan ia yang sebenarnya, ia berusaha terlalu keras.” Ujar Carragher.

Akan tetapi jika dilihat dari sisi lain, sebenarnya Van Dijk memiliki banyak peran dalam peluang yang telah dimiliki oleh Liverpool. Seperti dia membuat tandukan yang mengarah tipis ke gawang Swansea, kemudian dia juga memberikan umpan terukur kea rah Mohamed Salah yang tengah berdiri bebas namun sayang belum bisa menciptakan gol karena tembakannya masih melambung.