Alaves Melaju Ke Babak Final Usai Kalahkan Celta 1-0

Alaves Kalahkan Celta 1-0

Deportivo Alaves akhirnya berhasil mengalahkan Celta Vigo dengan skor tipis 1-0 di babak semi final Copa del Rey. Dengan hasil tersebut maka Alaves berhasil lolos ke babak final Copa del Rey setelah unggul dengan agregat 1-0. Alaves sendiri menjamu Celta di Estadio De Mandizorroa pada Kamis (9/2/2017) dini hari WIB. Pemain pengganti, Edgar Mendez menjadi pahlawan untuk Alaves, setelah dirinya berhasil menjebol gawang Celta di menit ke-82.

Celta Vigo sebenarnya nyaris untuk menciptakan gol di menit 12. Tembakan Iago Aspas dari sudut sempit akhirnya memaksa kiper Alaves Fernando Pacheco untuk melakukan penyelamatan yang impresif. Setelah itu peluang datang dari tendangan bebas Ibai Gomez yang masih berada di atas mistar gawang saja. Iago Aspas sendiri kemudian kembali menjadi ancaman Alaves setelah setengah jam laga berjalan. Tembakan Voli dari Iago Aspas sayangnya masih belum menemui sasaran dengan baik.

Alaves sendiri malah bermain buruk di babak pertama. Mereka gagal melakukan percobaan satu kalipun di babak pertama. Namun akhirnya permainan mereka jauh lebih baik di babak kedua dan berhasil memberikan ancaman kepada gawang Sergio Alvarez beberapa kali. Gol kemenangan Iago Aspas sendiri akhirnya tercipta ketika 10 menit sebelum laga usai. Edgar Mendez yang berhasil menusuk pertahanan Celta Vigo dan kemudian melepaskan tembakan yang tidak berhasil dihalau oleh kiper Celta.

Memang selama 2 x 45 menit tersebut, Celta bermain lebih efisien melawan Celta Vigo. Mereka berhasil menguasai 46 persen penguasaan bola, dan juga melepaskan 14 kali percobaan dengan 3 mengarah ke gawang. Untuk tim tamu sendiri mereka berhasil mendapatkan 9 kans dan 3 di antaranya berhasil mengarah ke gawang.

Pada partai puncak sendiri nantinya Alaves akan bermain melawan juara bertahan Copa del Rey sebelumnya yakni Barcelona yang sebelumnya berhasil lolos ke babak selanjutnya setelah menundukan Atletico Madrid dengan agregat 3-2. Final ini sendiri menjadi final pertama Alaves di Copa del Rey. Sebelumnya terakhir mereka meraih final di ajang besar ketika di tahun 2000 mereka lolos di ajang Piala UEFA.