Perginya Neymar Mengubah Gaya Bermain Barcelona

Perginya Neymar Mengubah Barcelona

Perubahan gaya bermain Barcelona membuat Lionel Messi buka suara mengenai hal tersebut. Paska kepergian Neymar yang kini bergabung di Paris Saint-Germain menurut Messi justru memberinya keuntungan bagi Barcelona.

Menurut Messi, Barcelona menjadi lebih defensif paska ditinggal Neymar. Hal itu ditegaskan bahwa ketika Neymar meninggalkan Barcelona, pola permainannya pun menjadi berubah. Ditegaskan oleh Messi kembali, bahwa Barcelona telah kehilangan separuh kekuatan penyerang, namun perginya Neymar ini telah menguatkan tim untuk bermain lebih defensif. Demikian seperti yang dituturkan Messi di sebuah media sepak bola.

Neymar sendiri hengkang dari Barcelona dan bergabung dengan Paris Saint-Germain di awal musim ini. Kepindahannya ini dinilai seharga 222 juta euro atau sekitar Rp 3,4 triliun dan memecahkan rekor pemain termahal di dunia.

Kepergian Neymar dari Barcelona banyak yang memprediksi akan mengurang daya gedor Barcelona. Hal ini cukup dimaklumi, mengingat Neymar adalah salah satu trisula yang dimiliki Barcelona bersama dengan Messi dan Luis Suarez. Terlebih lagi, Barcelona yang memiliki pelatih baru, Ernesto Valverade mengakuĀ  bahwa dirinya sangat kehilangan.

Kepergian Neymar dari Barcelona ini membuat manajemen Barcelona memutuskan untuk menggantinya dengan merekrut Ousmane Dembele. Penggantian ini akan memberikan spekulasi publik bahwa Barcelona akan berkurang kekuatannya. Sayangnya spekulasi publik itu salah. Hingga pekan 12 kemari, klub dari Lionel Messi dan kawan-kawan ini masih belum terkalahkan dengan 11 kemenangan serta 1 kali imbang.

Menurut Messi, kekuatan tim ada di lini tengah. Dengan kekuatan yang dimilikinya itu membuatnya lebih terorganisasi serta menjadi lebih kuat untuk bertahan. Perginya Neymar dari tim ternyata tidak membuat performa Barcelona menjadi menurun. Dari 12 kali pertandingan yang berlangsung, Barcelona telah menang 11 kali tanpa terkalahkan dan hanya sekali bermain imbang.

Total gol yang diraih Barcelona selama ajang La Liga musim 2017 – 2018 ini sebanyak 33 kali gol yang telah ditorehkan Barcelona dari 12 pertandingan yang dilakoninya. Sedangkan selama 12 kali bertanding, Barcelona hanya kemasukan 4 kali gol dan mendapatkan total raihan 34 poin.