Fans Tak Ingin Barca Berpolitik

Fans Tak Ingin Barca Berpolitik

Kisruh masalah tentang referendum Catalunya sekarang ini ikut menyeret FC Barcelona ke dalam masalah yang rumit. FC Barcelona dianggap akan terkena imbas yang besar jika nantinya Catalunya benar-benar secara resmi merdeka dan pisah dari Negara Spanyol.

Barcelona sendiri dikabarkan akan segera ditendang dari La Liga Premier Spanyol jika Catalunya benar-benar memisahkan diri dari Negara Spanyol. Tentu saja situasi ini membuat presiden klub FC Barcelona, Josep Maria Bartomeu sering mengeluarkan pendapatnya mengenai hal tersebut. Akan tetapi para pendukung FC Barcelona dari luar Catalunya sendiri sudah tidak sependapat dengan tindakan sang presiden FC Barcelona. Mereka menganggap hal tersebut dapat menimbulkan hal yang tidak baik untuk FC Barcelona.

“FC Barcelona sekarang ini telah berada di posisi politik sejak masa Joan Laporta masih menjabat. FC Barcelona harus menjadi klub olahraga yang menghormati anggotanya dan juga terutama kepada para pendukung mereka dari luar Catalunya. Jangan pernah terlibat dalam masalah ini” tutur Antonio J. Perez yang merupakan pendukung FC Barcelona.

“Banyak para fans sekarang ini merasa FC Barcelona terlalu terlibat politik meskipun hal tersebut tidak akan menghalangi untuk masalah mendukung FC Barcelona baik suka ataupun tidak.  Kami adalah para pendukung FC Barcelona, bukan klub politik. Saya akan tetap menjadi pendukung FC Barcelona sampai kapanpun bahkan jika mereka bermain di Liga Perancis sekalipun. Tentu saja para dewan klub juga harus sadar jika mereka tidak hanya mewakili pemegang tiket musiman” tambahnya.

Yang terbaru FC Barcelona sendiri dikabarkan sedang menawarkan diri menjadi anggota Comision Independiente Para El Dialogo, La Mediacion y La Conciilacion. Kelompok ini sendiri memiliki tugas menjadi penengah konflik antara pemerintah Spanyol dan juga pemerintah Catalunya yang tentunya akan bertindak secara independen selama masa mediasi dan juga dialog.

Referendum Catalunya memang menghasilkan sejumlah masalah di FC Barcelona dan Spanyol. FC Barcelona sendiri harus ancang-ancang mencari Liga baru untuk berlaga jika Cataluna merdeka. Sedangkan timnas Spanyol dipastikan akan kehilangan banyak pemainnya.