Sikap Barca Tentang Catalunya

Barca Tentang Catalunya

Di La Liga Primera Spanyol musim ini ada tiga klub yang berasal dari tanah Catalanyunya. Lalu bagaimana sikap mereka apabila pada akhrinya Wilayah Catalunya ini sendiri benar-benar memisahkan diri dari Spanyol dan menjadi tanah merdeka.

Meski dilarang oleh pemerintah Spanyol, namun rakyat Catalunya sendiri pada akhirnya tetap menjalankan referendum pada hari Minggu (1/10/2017) waku setempat. Referendum ini sendiri dilakukan bertujuan untuk menentukan apakah pada akhirnya Catalunya akan tetap menjadi bagian dari Spanyol atau memisahkan diri dan kemudian menjadi negara merdeka. Pemerintah Spanyol sendiri menganggap Referendum tersebut sebagai sebuah tindakan Inkonstitusional. Pemerintah Spanyol kemudian menurunkan kesatuan polisi untuk mencegah adanya kegiatan Referendum yang membuat sekarang ini Spanyol sedang menghadapi situasi politik yang panas.

Yang kemudian juga menjadi perhatian besar di balik kisruh politik dunia sendiri adalah mengenai nasib dari Barcelona dan juga beberapa klub lainnya yang berada di wilayah tersebut. La Liga dan juga Otoritas tertinggi Asosiasi Sepakbola Spanyol sudah memperingatkan bahwa FC Barcelona dan juga klub lainnya asal Catalunya tidak bisa bermain di La Liga Primera Spanyol jika pada akhirnya Catalunya memutuskan untuk merdeka.

FC Barcelona sendiri kemudian dikabarkan telah mengambil keputusan untuk tetap mendukung lepasnya Catalunya dari Spanyol. “FC Barcelona sesuai dengan komitmen untuk tetap melindungi negara, demokrasi, kebebasan berekspresi dan juga hak untuk memilih. Kami akan terus mendukung apa yang kebanyakan dipilih oleh penduduk Catalunya.

Selain FC Barcelona masih ada juga Espanyol dan juga Girona yang bermain di La Liga Primera Spanyol musim ini. Meski terancam nasibnya, namun Espanyol sendiri berbeda pandangan dengan FC Barcelona. Mereka justru menyatakan tidak mau turut terlibat dengan kegiatan politik Catalunya. Sedangkan Girona sendiri memilih untuk tetap mendukung langkah Catalunya di masa mendatang nantinya.

“Penting untuk tetap menjaga Espanyol dan juga dunia olahrga terlepas dari kondisi sosial politik yang memang penuh omong kosong dan tidak ada artinya” tulis Espanyol dalam akun twitter mereka.