Pengadilan Resmi Jatuhi Denda Messi

Pengadilan Denda Messi

Pengadilan Spanyol akhirnya secara resmi akan mengganti sanksi pidana dari Lionel Messi untuk kasus pajak dirinya menjadi sanksi denda. Hukuman 21 bulan penjara yang dijatuhkan kepada La Pulga kabarnya diganti dengan denda dengan nominal mencapai 3,7 miliar Rupiah.

Lionel Messi memang baru saja terlilit kasus penggelapan pajak di Spanyol bersama ayahnya, Jorge Messi. Keduanya dinyatakan telah bersalah pengadilan tinggi Spanyol dan dinyatakan telah melakukan penggelapan pajak dengan nilai mencapai 4,1 juta Euro atau sekitar 61 miliar Rupiah. Pajak tersebut didapatkan dari penghasilan Image Rights dari tahun 2007 hingga tahun 2009 yang dikabarkan dilarikan Lionel Messi ke negara bebas pajak Belize dan Uruguay.

Jaksa penuntut umum lantas mendakwa Lionel Messi dengan hukuman kurungan selama 21 bulan. Namun bintang FC Barcelona tersebut tidak harus menjalani masa kurungan. Hal tersebut terjadi karena di Negeri Matafor sendiri hukuman di bawah dua tahun bisa diganti dengan hukuman percobaan dengan membayar sejumlah denda dengan catatan sebelumnya sang terdakwa tidak memiliki catatan kriminal lainnya.

Peman asal Argentina tersebut sudah menjalani kesaksiannya tahun lalu dan juga sudah mengajukan banding. Namun kemudian bulan lalu, Mahkamah Agung Spanyol menolak banding pemain berjuluk La Pulga tersebut. Beberapa pekan lalu jaksa penuntut umum Spanyol telah dilaporkan sepakat untuk mengubah hukuman dari Lionel Messi menjadi denda 252 ribu Euro. Alasannya adalah Lionel Messi tidak memiliki catatan kriminal lainnya. Selain itu sang pemain juga diketahui sudah mengembalikan uang pajak yang belum dibayarkan.

Dan pada hari Jumat (7/7/2017) kemarin, hukuman tersebut resmi ditetapkan. Lionel Messi dipastikan hanya harus membayar denda sebesar 252 ribu Euro atau sekitar 3,7 miliar Rupiah. Denda tersebut dihitung berdasarkan lamanya Lionel Messi mendapatkan hukuman kurungan yang kemudian dikonversi menjadi denda dengan nominal 400 Euro per harinya. Sementara Lionel Messi sudah menyelesaikan kasusnya, bintang La Liga Premier Spanyol lainnya, Cristiano Ronaldo juga sedang mendapatkan permasalahan yang mirip setelah mendapatkan tuduhan melakukan penggelapan pajak yang dikabarkan mencapai angka 14,7 juta Euro.